Rabu, 10 Desember 2008

KEAJAIBAN HABBATUSSAUDA


Ada sesuatu yang belum banyak diketahui oleh kaum muslimin sewaktu menunaikan ibadah haji yakni oleh-oleh berupa HABBATUSSAUDA baik dalam bentuk bijian maupun dalam bentuk minyaknya. Yang biasa dijadikanoleh2 adalah kurma, tasbih, air zam-zam, sajadah. Padahal ada sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dianjurkan oleh Nabi shallallahu alaihi wassallam dalam sunnahnya yaitu habbatussauda yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama jintan hitam atau dalam bahasa Inggrisnya 'black cumin atau black seed'

Artikel dan Kajian Tentang Habbatus Sauda.
Al Bukhary meriwayatkan dari Aisyah r.anha bahwa dia pernah mendengar Rasulullah saw bersabda : ? Sesungguhnya di dalam Habbatus sauda? terkandung kesembuhan untuk segala penyakit, kecuali as sam. Aku bertanya, ?Apakah as sam itu?? Beliau menjawab, ?Maut?
Dalam riwayat Muslim disebutkan : ? Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda? terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.?
Sejak tahun 1959, lebih dari 200 kajian dihasilkan oleh universiti-universiti diperingkat internasional dan berbagai artikel yang diterbitkan dalam berbagai journal perobatan yang menunjukkan hasil-hasil yang luar biasa guna mendukung penggunaan (jamu) tradisional Habbatus Sauda yang tercatat semenjak 2.000 tahun lalu.
Pada tahun 1960, para peneliti Mesir menegaskan bahwa nigelon bertanggung jawab terhadap efek bronko dialeting (melonggarkan tenggorokan). Para ilmuwan di Eropah baru-baru ini memperkuat kesan anti bakteri dan anti mikotis dari minyak Habbatus Sauda. Para ilmuwan pada laboratorium kanser dan immuno biologis enemukan bahwa biji Habbatus Sauda merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan serta meningkatkan produksi interveron, melindungi sel-sel normal terhadap efek-efek virus yang merosak sel, menghancurkan sel tumor dan meningkatkan jumlah anti body yang menghasilkan sel-sel B
Berbeda dengan herba lainnya, Habbatus Sauda (Black Cumin) diaplikasikan tidak hanya dalam pengubatan tradisional namun juga di bidang farmasi modern. Di awal 90-an ilmuwan Amerika Serikat melakukan penelitian yang menghasilkan penemuan bahwa minyak Habbatus Sauda (Black Cumin) ternyata tidak hanya berfungsi menyembuhkan namun juga mengandungi lebih dari 100 unsur yang mendukung sistim kekebalan tubuh manusia, termasuk di dalamnya unsur yang mampu menyembuhkan penyakit kanker (anti tumor, anti cancer).
Penemuan yang luar biasa ini menyebabkan euforia Habbatus Sauda di Amerika Serikat. Priscilla Presley, Chick Coreadan Jim Courier juga mengemukakan pengalaman fantastisnya di majalah serta Al-Quran dalam memakai Habbatus Sauda. Di Amerika, Nigella sativa yang merupakan nama latin dari minyak Habbatus Sauda, telah sukses luar biasa sebagai suplemen makanan. Di Jerman, minyak Habbatus Sauda telah tersedia dalam bentuk kapsul di toko-toko kesehatan. Sampai saat ini, permintaan Habbatus Sauda (Black Cumin) sebagai food suplemen di beberapa negara bagian Amerika Serikat dan Eropa semakin meningkat". (Dr. Hermann Ehmann dalam buku "Schwarzk" terbitan LebensBaum Verlag-Jerman, 2000).
Kajian-kajian juga memperlihatkan ekstrak biji Habbatus Sauda bebas dari bahan yang mengganggu (iritan) atau efek-efek beracun, bahkan bila diinjeksikan dalam dosis yang besar. Biji hitam merupakan tumbuhan yang beraroma lembut yang pada umumnya ditambahkan ke makanan seperti roti untuk perencah (penambah selera). Sebagai obat alami, orang-orang menggunakan dengan cara diiris/dipotong-potong atau dicampurkan ke dalam madu, atau menggunakan minyaknya baik sebagai pendorong kesehatan maupun untuk berbagai pengobatan penyakit.
NIGELLA SATIVA DALAM PENGOBATAN MODERN :
- Black Cumin memiliki peranan yang penting pada pencegahan tumor & kanser. Pada penggunaannya dalam waktu yang lama minyak Black Cumin memperkuat sistim kekebalan tubuh. Selain itu dapat mempercepat pembelahansel.( Dr. Stanley Kopok, University of Arizona, USA )
- Nigella Sativa kaya akan beta-sitosterol, yang dikenal memiliki kemampuan mencegah kanser ( Dr. Michael Tierra L. AC. O.M.D.)
- Dengan mengkonsumsi Nigella Sativa dari Mesir dapat melawan kelelahan.
Sebagai tambahan sebaiknya Nigella Sativa dimakan dengan Royal Jelly dengan perbandingan 2:1. ( Dr. Mohammed Saleh, Kairo-Mesir )
- Ekstrak Black Cumin memiliki khasiat anti-tumor tanpa efek sampingan seperti pada yang
terjadi pada Chemotherapi dan penyinaran.
( Study of Nigella sativa on humans, University of South Carolina. USA )
- Nigella S. mempunyai lebih dari 100 active ingredients dengan berbagai
Khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah impotensi
( Black Cumin, The Magical Egyptian Herb, Dr. Peter Schleicher, M. D. & Dr.
Moh . Saleh, M. D., Egypt )
- Nigella S. terbukti memiliki efek anti-histamin, anti-oxidant, anti-biotic, anti
-mycotic dan penghambat Bronchitis
Study of Black Seed Oil on Humans, American Scientists )
- Kombinasi lipid portion dan struktur hormon dalam Nigella S. dapat meningkatkan air susu bagi ibu menyusui ( University Pochefstroom )
- Terapi baru yang efektiv, mudah dicerna dan tidak mahal pada penyakit alergi adalah penggunaan asam lemak tidak jenuh dari minyak biji tanaman, terutama minyak Nigella Sativa. ( Dr. Lutz Bannasch, München - Jerman )
- Nigella Sativa mengandung minyak eter yang dapat membantu pencernaan & mengurangi masalah usus. ( Prof. Dr. Hildebert Wagner, Institut fur Pharmazeutische Biologie, München - Jerman )
- Nigella S. mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleic & Gammalinolenic yang masuk dalam tubuh. Asam ini memungkinkan untuk pencapaian sintesis yang merupakan sistem kekebalan tubuh yang penting menyebabkan penyakit kronis seperti jerawat dan demam karena alergi, hingga kanker. ( Dr. Peter Schleicher, M. D., Immunologist, Munich Germany )
- Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ( US. Patents Section, Antiviral Agents Bulletin # 5, 482, 711 )
- Nigella S. menstimulasi sumsum di tulang & imunitas sel serta produksi in terferon, melindungi sel2 normal melawan virus perusak sel, melawan sel tumor, dan meningkatkan antibodi yang memproduksi sel B
( Cancer Immuno-biology, South Carolina )
- Black Cumin terbukti menyembuhkan 70 % pasien alergi, termasuk di dalamnya alergi serbuk dan debu juga jerawat, serta neurodermitis ( penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jintan hitam secara teratur dapat menahan secara baik penyakit flu.
( Dr. Peter Schleicher, Immunologie, München-Jerman )

Tidak ada komentar: